materi kewarganegaraan

Sunday, October 01, 2006

Perundang-undangan Nasional

Perundang-undangan nasional adalah suatu aturan yang dibuat oleh lembaga yang berwenang untuk kemudian dipatuhi oleh seluruh warga negara dalam skala nasional. Sebelum kita jauh berbicara tentang perundang-undangan, ada baik baiknya kita mesti memahami apa itu kebijakan publik. Mengapa demikian, secara tak langsung pada saat kita membicarakan perundang-undangan maka kita juga akan membahas tentang kebijakan publik karena perundang-undangan adalah produk dari kebijakan publik. berbagai pendapat banyak mengungkapkan tentang kebijakan publik, namun tidak salah kalau kita mencoba untuk mensederhanakan definisinya. Kebijakan publik adalah suatu aturan yang dihasilkan oleh lembaga yang berwenang dengan maksud untuk memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Adapun proses pembuatan kebijakan publik meliputi:
1. Formulasi kebijakan
  • menentukan isu/masalah
  • pendataan masalah
  • stratifikasi masalah
  • perumusan kebijakan
  • pengesahan kebijakan

dalam tahap pertama ini lembaga yang berwenang mengklarifikasi berbagai isu yang muncul dalam sebuah masyarakat. setelah seluruh isu tersebut terdata, maka langkah berikutnya adalah membuat agenda kerja lembaga untuk menyusun berbagai isu tersebut dalam berbagai strata. Kemudian berbagai isu yang sudah disusun mulai dibahas bentuk penyelesaian dalam bentuk perumusan kebijakan publik. Setelah terbentuk rancangan tersebut, maka rancangan tersebut akan memasuki agenda untuk didiskusikan dalam musyawarah lembaga untuk disahkan menjadi kebijakan publik.

2. Implementasi Kebijakan

pada tahap ini pemerintah bersama dengan dengan warga negara memiliki kewajiban untuk tunduk patuh terhadap kebijkan yang sudah disahkan.

3. Evaluasi kebijakan

Dalam pelaksanaannya, kebijakan akan sejalan dengan kebutuhan masyarakat. Manakala kebijakan yang telah disahkan ternyata tidak memberikan perubahan berarti dalam suatu permasalahan, maka kebijakan tersebut akan ditinjau kembali untuk kemudian dievaluasi untuk menentukan solusi terbaik bagi permasalahan tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home